Pengusaha
menggunakan rencana pemasaran untuk beberapa alasan: mencari tahu pasar,
pelanggan dan pesaing mereka, menguraikan rencana untuk mendapatkan dan
mempertahankan pelanggan, dan mengenali serta memprediksi perubahan.
Faktor
utama dari rencana pemasaran yang baik adalah untuk mengenali pelanggan, apa
yang mereka suka dan tidak suka, dan apa yang mereka harapkan.
Hal
ini juga membantu Anda mengetahui pesaing Anda, produk terkait, kekuatan dan
kelemahan. Dengan menentukan faktor-faktor ini dapat membantu Anda memahami
siapa pesaing Anda dan mengenali perubahan di pasar.
Mari
kita cuba petunjuk berikut ini :
- Ingat empat P dari pemasaran. Untuk
mendapatkan tujuan Anda, rencana Anda harus memiliki metode standar
product (produk), price (harga), place(tempat) dan promotion (promosi).
- Jelaskan target pasar Anda. Anda dapat melakukan
hal ini dalam banyak cara meliputi : usia, jenis kelamin, karir, tingkat
pendapatan atau di mana pelanggan tinggal. Jika Anda memiliki sedikit
sumber daya, mempromosikan secara langsung untuk para pelanggan yg Anda
pikir akan membeli produk Anda akan bermanfaat. Ketika Anda mendapatkan
lebih banyak pelanggan, Anda mungkin harus mengubah bagian dari rencana
Anda.
- Kenali pesaing Anda. Lakukan ini melalui data
riset pasar, permintaan produk, menentukan kekuatan dan kelemahan pesaing
– dan persamaan dan perbedaan – dan perbedaan dalam strategi harga antara
Anda dan pesaing Anda.
- Tentukan produk Anda, dan cobalah
menjelaskannya dari titik pandang pelanggan. Pengusaha sukses tahu atau
memiliki beberapa ide tentang apa yang pelanggan mereka inginkan atau
butuhkan dari mereka. Hal ini dapat menguntungkan dalam membuat loyalitas
dan kepuasan pelanggan.
- Buatlah anggaran pemasaran untuk rencana Anda.
hal ini termasuk uang yang dibutuhkan untuk iklan dan promosi, bahan dan
daftar penggunaan media. Karena rencana pemasaran praktis membutuhkan
uang, Anda harus mendapatkan dana dari anggaran operasional untuk biaya
promosi.
- Buatlah suatu strategi harga. Metode yang Anda
gunakan mungkin telah diciptakan oleh orang lain, Anda harus mempelajari
rencana dan metode yg digunakan pesaing. Dengan melakukan ini, Anda akan
mendapatkan pengetahuan lengkap tentang bagaimana harga produk Anda,
apakah itu sejalan dengan pesaing dan bagaimana Anda dapat menentukan
harga yg sesuai. Agar berhasil, Anda harus memiliki strategi yang terencana
dgn baik, menetapkan kebijakan Anda, dan selalu memeriksa harga dan biaya
operasi untuk menjamin keuntungan.
- Buatlah strategi promosi yang efisien. Anda
dapat menggunakan koran, majalah, TV radio, kartu nama dan T-shirt.
Pastikan strategi anda menggunakan outlet yang berbeda untuk mengiklankan
dan terus menggunakan mana yang dapat berjalan baik. (Sumber:
www.markting.co.id)
No comments:
Post a Comment