Monday 21 May 2012

Cara Al-Qur’an Menyembuhkan Penyakit


1. Al-Qur’an sebagai media latihan pernafasan

Pernafasan berperan penting dalam kehidupan. Membaca Al-Qur’an merupakan cara yang paling baik untuk melatih pernafasan kita karena ketika kita membaca Al-Qur’an, kita terikat dengan aturan waqaf dan washal, kapan kita boleh bernafas dan kapan kita tidak boleh mengambil nafas, hal ini tentunya akan berpengaruh positif pada sistem pernafasan kita.

2. Pengaruh “Makharij Al-Huruf” pada organ-organ

Makharij Al-Huruf merupakan tempat keluarnya huruf. Para Ulama Tajwid membagi Makharij Al-Huruf menjadi lima, yaitu Al-Halqi (tenggorokan), Al-Lisan (lidah), Al-Jauf (rongga mulut), Asy-Syafatani (dua bibir), dan Al-Khaysyum (ruang hidung). Membaca Al-Qur’an dapat dikatakan berolahraga bagi organ-organ tersebut karena ketika kita membaca Al-Qur’an, organ-organ tersebut ikut bergerak.

3. Al-Qur’an berperan sebagai musik

Kita disunnahkan untuk memperindah suara saat membaca Al-Qur’an. Membaca Al-Qur’an dengan suara merdu akan berpengaruh positif terhadap psikologis kita dan tentunya hal ini juga akan membuat tubuh kita sehat.

4. Konsep religiopsikoneuroimunologi

Untuk memahami Al-Qur’an, kita perlu menafsirkannya dengan ilmu tafsir. Dengan memahaminya, kita akan mengetahui makna-makna yang terkandung dalam Al-Qur’an sehingga pengaruh Al-Qur’an dapat dirasakan jiwa dan tentunya hal ini akan berpengaruh juga pada kesehatan fisik kita. Semoga dengan membaca dan mendengarkan Al-Qur’an , kita mendapatkan ridho-Nya dan merasakan manfaat-manfaat yang terkandung di dalam Al-Qur’an baik manfaat bagi kesehatan fisik maupun jiwa kita.

No comments:

Post a Comment